Sabtu, 09 Mei 2015

Apa itu Tabungan?

Apa itu Tabungan?

Menabung Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Masih ingat slogan pemerintah "Ayo Menabung"?
Apa itu menabung??
Fungsinya??
Cara Melakukannya??
Kenapa Harus Menabung??
Yah semua itu adalah beberapa pertanyaan yang akan muncul ketika kita membicarakan tentang "Menabung".

Menabung itu adalah kegiatan dimana kita menyisihkan sesuatu baik itu uang, waktu dan lain sebagainya. Tahukah kalian, menabung itu adalah salah satu hal yang sangat penting dan positif untuk kita, terutama untuk kelangsungan hidup kita kedepan.
Adapun fungsi dari kita melakukan menabung ini, yaitu :

  1. Kita dapat belajar untuk memanage sisi finansial, pekerjaan (waktu) dan lain sebagainya
  2. Kita dapat memetik hasilnya di kemudian hari
  3. Sebagai backup dimasa nanti

Banyak sekali fungsi dari menabung itu sendiri, baik anda lakukan setiap detik, menit, jam, hari, bulan, tahun anda sendiri yang akan menikmati hasilnya. Banyak sekali orang yang bilang menabung itu "sulit", "menyiksa diri karena menyisihkan sesuatu yang dapat kita beli atau makan" dan lain sebagainya. Oleh sebab itu saya akan memberi sedikit tips untuk menabung.

Tips Pertama

Biasakan Diri Dari Sekarang

Anda harus membiasakan diri untuk mulai menabung, baik itu dari sesuatu yang kecil maupun besar dan anda dapat memulainya dari sekarang. Biasakan dulu untuk menabung, mungkin untuk pertama bisa sebulan sekali, seminggu sekali, sehari sekali dan lain sebagainya. Saya sarankan untuk menggunakan yang sehari sekali, walaupun kecil tetapi anda masih dapat menggunakan uang pada hari tersebut dan sisihkan sedikit dari uang anda setiap harinya.

Tips Kedua

Rencanakan Tujuan Anda Kedepan

Anda harus tetapkan tujuan anda menabung, baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Misal anda ingin membeli sesuatu untuk dipakai, anda dapat menjadikannya motivasi untuk menabung dan anda dapat membelinya ketika tabungan anda sudah mencapai itu. Tetapi anda harus memikirkan jangka panjangnya juga. Saran saya anda harus memiliki celengan untuk menyimpang dan meletakkan uang anda dan di akhir bulan anda buka celegan tersebut untuk melihat sudah berapa banyak isi celengan anda dan anda dapat membuat tabungan lain yang dapat anda jadikan tempat menyimpan uang hasil celengan anda.

Tips Ketiga

Ubah Mind Set dan Pikirkan Masa Depan Anda

Anda harus mengubah mindset atau pola pikir anda untuk menghabiskan uang anda tanpa menyisihkannya, fikirkan juga untuk masa depan anda, bagaimana jika suatu saat ketika anda sudah berumur puluhan tahun kedepan anda jatuh sakit dan membutuhkan banyak uang untuk biaya berobat??
bagaimana jika anda bangkrut nantinya??
bagaimana jika anda nanti terbelit hutang??
bagaimana jika nanti anda membutuhkan uang untuk keperluan sehari-hari??
Coba anda renungkan sejenak, apa salahnya menyisihkan uang anda sekarang untuk masa depan anda nantinya, walau kecil tapi yakinlah akan jadi sebesar gunung jika anda meyakininya.

Tips Keempat

Ubah Paradigma Anda Tentang Masa Sekarang dan Masa Depan

Terkadang beberapa orang ketika ditanya tentang menabung mereka menjawab "Untuk apa menabung sekarang, padahal kalian bisa membeli sesuatu, toh nantinya ketika kita sudah bekerja kita bakalan mendapatkan banyak uang".
Menurut saya pribadi pernyataan tadi tidak lah benar. Karena kita tidak tahu masa depan kita akan jadi apa, jika bernasib bagus kita bakalan mendapatkan pekerjaan dengan gajinya besar, bagaimana jika anda menganggur??
jika anda menabung,anda bisa minimal gunakan tabungan anda sebagai modal untuk usaha anda.

Apa Tujuan Menabung?

Kebanyakan orang memiliki pengertian mengenai perlunya menabung untuk masa depan, tetapi mungkin kurang memiliki kejelasan tentang apa tujuan menabung itu, apa yang perlu ditabung dan bagaimana caranya. Berikut hal-hal yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut:

Simpanan untuk hari tua/pensiunan
Terkadang kita berkeinginan untuk tidak pensiun,tetapi kita tetap harus membuat suatu rencana pada saat kita mungkin berubah pikiran atau memang karena kita tidak punya pilihan. Seandainya Anda hidup selama 102 tahun, apakah Anda berpikir Anda akan tetap bekerja? Segeralah menabung untuk hari tua Anda dengan menggunakan jaminan hari tua Anda yang tersedia di tempat Anda bekerja maupun simpanan yang diberikan oleh pemerintah (Jamsostek) atau investasi dalam bursa saham. Simpanan/tabungan ini harus menjadi sesuatu yang sakrali yang tidak akan anda sentuh/pergunakan sampai masa pensiun. Beberapa peraturan dalam pajak, Anda diperbolehkan untuk menggunakan simpanan Anda untuk membayar uang muka dalam pembelian rumah dengan persyaratan yang berlaku. Berhati-hatilah pada saat Anda akan mengambil suatu keputusan. Usahakanlah untuk tetap menabung untuk jaminan hari tua Anda.

Perguruan Tinggi
Anda pasti menginginkan anak-anak Anda untuk melanjutkan sekolah mereka sampai perguruan tinggi dalam mencapai cita-cita/impian dalam kehidupan mereka. Mulailah menabung sedini mungkin untuk anak-anak Anda, untuk pendidikan mereka bahkan sampai pada perguruan tinggi.

Mobil baru
Memang terdengar jauh lebih menyenangkan jika Anda menabung untuk membeli mobil daripada menabung untuk masa pensiunan Anda. Anda akan lebih senang mengendarai mobil jika uangnya berasal dari tabungan Anda sendiri dan bukan dari pinjaman. Tentunya Anda tidak ingin bekerja untuk mobil Anda yang Anda inginkan adalah mobil anda bekerja untuk Anda!

Liburan
Dapatkah Anda membayangkan bahwa Anda harus tetap membayar pengeluaran liburan Anda selama 5 – 7 tahun setelah Anda menggunakannya? Bukan hal yang menyenangkan, tetapi ada banyak dari orang yang membuat liburan mereka seperti itu, ketika mereka menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran liburan mereka. Liburan Anda mungkin hanya berlangsung selama 7 hari, namun penderitaan Anda untuk membayar hutang pada kartu kredit Anda bisa berlangsung bertahun-tahun. Jika anda menabung untuk liburan, maka liburan Anda akan lebih menyenangkan dan Anda akan terhindar dari pengeluaran yang tertunda.

Cadangan
Menabung untuk cadangan atau kebutuhan yang mendadak, berbeda dari mempunyai mobil baru dan liburan, Anda harus melindungi rencana dan impian Anda. Jika tiba-tiba Anda memerlukan transmisi/mesin baru untuk mobil Anda, maka hal itu dapat mengganggu tabungan Anda yang rencananya akan digunakan untuk membeli mobil dalam beberapa tahun kedepan, jika Anda tidak mempunyai cadangan yang diperlukan. Secara keseluruhan, tabungan cadangan Anda dapat membantu memenuhi pengeluaran tahunan Anda bahkan ketika Anda tiba-tiba tidak memiliki pekerjaan.

Lainnya
Tidak ada alasan apapun untuk tidak menabung, baik menabung untuk hal-hal yang Anda inginkan atau tanpa alasan sekalipun. Memiliki uang membuat kita lebih dapat membantu orang lain. Teruslah menabung!

baca juga artikel lainnya untuk refrensi:
Itu beberapa tips dari saya untuk para blogger skalian. Menabung tidak boleh ada paksaan, karena menabung dari kita bisa untuk kita ataupun orang lain. Manfaatkan semua yang ada pada anda dan syukuri.

"Mengapa Kita Harus Menabung??"

Alasannya simple, karena kita tidak tahu masa depan kita seperti apa, kita menabung untuk keperluan kita nantinya.

Kata Kunci yang terkait dengan Tabungan
Apa itu Tabungan, ayo menabung, Cara Cerdas Menabung, Menabung dengan Pintar, Tabungan Pintar, Tabungan Plus, Tabungan Terencana, Tabungan Asuransi, Tabungan pensiun, Tabungan pendidikan, Rejeki menabung, Tabungan rejeki, tabungan untung, manfaat menabung

1 komentar:

  1. Untuk pendaftaran wilayah tangerang dan dki jakarta hubungi Mawardi 3HP/WA 083808459260 PIN BBM 577FF915 tim kami solid siap support dan bantu pengembangan bisnisnya...

    BalasHapus