Kamis, 14 Mei 2015

Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan

Uang merupakan salah satu alat untuk membantu Anda mencapai hidup yang lebih sejahtera. Karena itu diperlukan sikap yang bijak dalam memperoleh, merencanakan pengelolaan keuangan untuk mendapatkan dan memaksimalkan uang membiayai kehidupan Anda. Merencanakan keuangan dengan baik akan membantu Anda menjadi pribadi dan keluarga yang sejahtera, mewujudkan tujuan-tujuan hidup dimasa mendatang, tanpa membebani pihak lain.

Perencanaan keuangan yang baik ditandai dengan ketaatan pada prinsip-prinsip umum dalam mengelola keuangan yaitu:

  1. Sediakan dana darurat di tabungan. Dana darurat adalah dana yang cukup membiayai kehidupan sehari-hari Anda (dan keluarga) jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti PHK, sakit dalam jangka waktu lama, kecelakaan dan sebagainya. Biasanya disarankan untuk menyediakan dana darurat minimal sebesar 6 kali biaya hidup bulanan.
  2. Jangan berhutang, dan segera lunasi jika ada. Hindari membeli barang yang tidak diperlukan atau berbelanja dengan kartu kredit. Jika harus berhutang, usahakan hutang Anda adalah untuk membeli aset seperti properti (KPR). Lunasi kartu hutang kredit sesegera mungkin sebelum mencekik keuangan Anda.
  3. Milikilah asuransi. Asuransi merupakan penjamin bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang atau menjual aset Anda jika terjadi sesuatu seperti sakit atau meninggal. Setidaknya milikilah asuransi kesehatan dasar seperti BPJS. Jika penghasilan memungkinkan, Anda bisa menambah perlindungan dengan membeli polis asuransi tambahan di luar BPJS. Baca info asuransi lebih lanjut.
  4. Berinvestasi. Berinvestasi merupakan cara cerdas untuk menambah aset sekaligus menghindari kenaikan harga dan biaya hidup dimasa mendatang. Sisihkan setidaknya 15% penghasilan untuk diinvestasikan, diluar tabungan dan asuransi. Investasi yang baik haruslah legal dan mampu memberi hasil lebih tinggi dari laju inflasi. Lalu investasi apa yang paling cocok untuk Anda? Silahkan baca: Belajar Berinvestasi.
  5. Donasi. Orang-orang kaya di dunia memiliki tradisi sebagai filantropis (dermawan). Mereka percaya bahwa memberi sumbangan merupakan salah satu cara berinvestasi yang baik.

Setelah melakukan semua hal di atas, jangan lupa untuk memberi penghargan kepada diri Anda sendiri dan keluarga dengan cara rekreasi dan hiburan yang sehat. Akan tetapi pastikan, jangan habiskan dana untuk rekreasi sebelum menyisihkannya untuk hal-hal di atas.

Mengapa harus berinvestasi?

Karena faktanya, sebagian besar kita memiliki penghasilan terbatas, sementara biaya hidup (harga makanan, perumahan, biaya pendidikan, kesehatan, kendaraan dan seterusnya) terus meningkat dengan sangat pesat. Dilain pihak, kita pasti menginginkan masa dimana kita menikmati masa tua dengan penghasilan yang memadai untuk keluarga kita. Investasi mutlak ada dalam tahapan perencanaan keuangan setiap orang/keluarga. Momok lainnya adalah Inflasi. Secara sederhana, Inflasi dapat dikatakan sebagai penurunan nilai uang, antara lain karena harga-harga yang terus naik. Ada yang bilang, inflasi adalah perampok yang menyelinap diam-diam, merampok uang Anda. Siapapun Anda, tua muda, kaya miskin tidak bisa terhindar dari inflasi. Tiba-tiba Anda merasa uang tabungan sudah tidak berdaya untuk membayar atau membiayai kebutuhan hidup. Mengapa?

Pak Haji Soleh, Mike Tyson, dan McHammer

Sekitar 10 tahun lalu, Pak Haji Soleh adalah pemilik sejumlah rumah kontrakan di bilangan Tangerang. Belakangan jumlah kontrakannya semakin menyusut hingga tinggal satu, yaitu sekalian dengan rumah yang ditempatinya. Selidik-punya selidik, ternyata penyebabnya karena kenaikan biaya yang tidak bisa lagi ditutupi oleh penghasilan dan tabungannya. Biaya bangunan meningkat cepat sehingga pendapatan dari kontrakan tidak mampu menutupi biaya renovasi. Belakangan, anak-anaknya mulai meniti bangku kuliah, juga tak mampu dibiayai karena pembengkakan baya yang tidak dapat diantisipasinya. Ketika istrinya terserang stroke, ia semakin habis-habisan.

Kisah Mike Tyson bak legenda. Dengan pendapatan yang demikian besar dari ring tinju, Mike Tyson adalah milyuner dimasa keemasannya. Semua mampu dibeli. Maklum dimasa jayanya ia bisa mengumpulkan penghasilan mencapai Rp3 triliun setahun! Akan tetapi itu tidak berlangsung lama. Seiring karir tinjunya meredup, Tyson diketahui kehabisan harta bendanya dan malah sukses menumpuk hutang sampai Rp350 milyar!

Penyanyi rap Stanley Kirk Burrel alias McHammer juga merupakan contoh penyanyi gemilang tahun 1990an dengan kekayaan mencapai Rp330 milyar. Kehidupan mewah dengan sejumlah rumah besar, lengkap dengan peternakan, 17 unit mobil mewah, 2 unit helikopter, arena pacuan kuda pribadi adalah sedikit dari aset yang menggambarkan betapa kayanya McHammer waktu itu. Apa daya, di tahun 1996 ia bangkrut dengan hutang mencapai Rp130 milyar!

Apa yang Salah?

Ketiga orang di atas pada dasarnya memiliki kesamaan. Sukses menghasilkan duit, tetapi tidak paham dalam pengelolaan. Kemungkinan mereka kebanyakan menempatkan uang dalam posisi menganggur seperti tabungan dan tidak belajar berinvestasi. Investasi yang baik haruslah mampu bertumbuh lebih tinggi dari laju inflasi, yaitu kenaikan biaya-biaya/harga umum. Dengan demikian, saat Anda memerlukan biaya, hasil investasi telah bertumbuh pula, dan tidak perlu kehilangan asset yang Anda miliki.

Tanpa program investasi yang baik, segala hasil kerja yang ditumpuk selama ini akan habis, menyusut dengan sendirinya, meski secara angka mungkin bertambah, tetapi nilai sebenarnya menurun. Supaya hasil kerja Anda tidak sia-sia, belajarlah berinvestasi sehingga ungkapan: “Uang bekerja untuk Anda” bisa diwujudkan seiring perjalanan waktu.

Karena itu Anda harus mulai mempelajari benar pilihan investasi yang Anda inginkan dan pastikan Anda memegang kendali penuh atas investasi Anda.

3 komentar:

  1. Wilayah Makassar dan sekitarnya yg mau join car 3i network hub.
    CRISTHY
    WA. 085342540503
    HP. 08114485212

    BalasHapus
  2. Untuk pendaftaran wilayah tangerang dan dki jakarta hubungi Mawardi 3HP/WA 083808459260 PIN BBM 577FF915 tim kami solid siap support dan bantu pengembangan bisnisnya...

    BalasHapus
  3. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus