Jumat, 15 Mei 2015

Tips Memilih MLM yang baik

Tips Memilih MLM yang baik

Perusahaan MLM (Multi Level Marketing) telah menjelma dalam berbagai bentuk. Ada yang menyebutnya direct selling (penjualan langsung), ada juga yang menamakannya network marketing (pemasaran jaringan). 
Awalnya istilah-istilah tersebut didefenisikan berbeda, akan tetapi seiring perjalanan waktu, perbedaan pengertian semakin menipis. Ada juga yang berpendapat bahwa istilah-istilah baru tersebut muncul untuk mengganti istilah MLM yang sempat terlanjur mendapat stigma negatif di kalangan masyarakat.

Lalu apakah usaha MLM itu tidak baik?

Usaha atau bisnis MLM pada dasarnya merupakan bisnis yang baik, jika kita benar-benar memahami dan memilih jenis bisnis MLM yang tepat. Adapun beberapa ciri MLM yang baik, yaitu:


  1. Legalitas Jelas. Usaha MLM haruslah memiliki izin operasi yang sah dari pemerintah. Di Indonesia, perusahaan MLM wajib mengantongi SIUP-PL (Surat Izin Usaha Perdagangan Penjualan Langsung) dari Kementerian Perdagangan. Patut dicatat bahwa izin PT (dari Kemenhukkam), NPWP, TDP, izin BKPM tidak cukup sebagai dokumen legalitas suatu MLM.
  2. Produk Bermutu. Banyak orang yang tidak memperdulikan produk, tetapi lebih melihat hitung-hitungan bonus. Itu salah. Sebelum memutuskan memilih suatu MLM, sebaiknya analisa produknya. Apakah produk tersebut dibutuhkan masyarakat. Lalu apakah produk dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen nantinya? Bagaimana dengan harga, apakah cukup bersaing dengan produk sejenis di pasaran? Apakah tidak terlalu mahal? Dan yang paling penting, apakah Anda mencintai dan mengerti produk tersebut? Jika tidak, jangan coba-coba memasarkannya!
  3. Peluang income. Ada berbagai macam perhitungan bonus yang digunakan oleh perusahaan MLM saat ini. Karenanya tidaklah tepat untuk mengatakan yang satu lebih baik atau lebih buruk dari yang lain. Beberapa model perhitungan bonus yang dominan adalah model breakaway, binary, uni-level, dan forced matriks. Anda bisa menganalisa peruntungan Anda dengan mendiskusikannya lebih lanjut. Anda bisa juga mengamati orang lain di bisnis itu. Jika mereka puas dengan sistim bonus yang ada, maka kemungkinan Anda pun akan menikmatinya.
  4. Dukungan Sistem. Bagi leader (upline) yang berpengalaman, dukungan sistim terkadang menjadi tidak terlalu penting karena mereka bisa menciptakan sistim, budaya, pelatihan, acara dan alat-alat bantu sendiri. Akan tetapi bagi para pemula dan mereka yang belum berpengalaman di dunia MLM, dukungan system sangatlah penting. Karena itu, sebelum mengambil keputusan, amati terlebih dahulu. Apakah tersedia alat bantu yang memadai untuk membantu Anda menjalankan bisnis nantinya? Adakah acara atau pelatihan yang dapat Anda hadiri. Apakah ada saluran komunikasi yang baik dengan upline dan kantor Anda? Apakah Anda mampu berdiri sendiri dan tidak selalu tergantung pada dukungan upline Anda nantinya?
  5. Menjual Produk atau Merekrut Orang? MLM yang benar menekankan pada penjualan produk, bukan semata pada pencarian member baru. Sementara MLM yang mengutamakan mencari member biasanya hanyalah money game (arisan berantai) dengan menyamar sebagai MLM. Anda bisa dengan cepat mengetahui MLM ini dari presentasi para agennya yang dengan cepat berbusa-busa menunjukkan hitungan bonus tanpa menjelaskan manfaat produknya. Ataupun mereka memasarkan produk yang sekilas terlihat baik tetapi sebetulnya tidak bermutu, atau malah tersedia banyak produk sejenisnya dengan harga yang lebih murah.
  6. Waktu yang Tepat. Pemilihan waktu memang penting. Di satu sisi, ada orang yang merasa tenang bergabung di perusahaan yang telah stabil dan berjalan cukup lama. Di sisi lain, ada juga semangat tersendiri saat Anda bergabung dengan perusahaan yang baru berdiri. Keduanya memiliki kelebihan tersendiri. Yang jelas, tidak ada usaha atau bisnis yang terlalu sempurna. Jangan sampai Anda hanya sibuk berpindah perusahaan MLM, tetapi sebetulnya Anda hanya berpindah ke masalah yang berbeda.
  7. Kepemilikan perusahaan. Pimpinan atau CEO (Chief Executive Officer) dan/atau pemilik perusahaan sangatlah menentukan keberhasilan suatu bisnis. Pimpinan perusahaan yang baik akan sangat membantu mengatasi masalah yang muncul di kemudian hari. Mereka juga pastinya mampu menciptakan peluang bagi Anda. Jika pemimpinnya buruk, bagaimanapun bagusnya suatu produk atau sistim bisnisnya, pada akhirnya akan runtuh. Jangan gegabah, dan asal nyambar, lalu Anda menyesal di kemudian hari.
disamping hal diatas, perhatikan juga:

  • Money Game. Hati-hati dengan janji janji yang mendapatkan uang dengan mudah tanpa produk yang jelas. Usaha seperti ini banyak sekali di Internet yang di sebut money game. Awalnya kelihatan boombastik tapi kemudian menghilang. Ingat tujuan bisnis MLM adalah pasive income jadi harus mencari usaha yang bisa bertahan lama.
  • Bisnis Plan. Baca yang teliti tentang bisnis plan yang ditawarkan, jika kurang jelas bisa segera tanyakan pada sumbernya.
  • MLM Online. Jaman Internet seperti sekarang ini pilihlah MLM yang sudah mempunyai support untuk online system sehingga memudahkan ekspansi penjualan atau rekrut member baru.
  • MLM Bisa Diwariskan. Tentu kerja keras anda dalam merintis usaha MLM tidak ingin hilang begitu saja bukan? Maka dari itu piihlah MLM yang bisa diwariskan.


Terakhir, minta pendapat orang lain di sekitar Anda. Apakah perusahaan tersebut layak dipercaya dan berpotensi menjadi peluang bisnis Anda ke depan. Informasi lainnya dapat diperoleh dengan mudah melalui media internet atau media massa. Jangan ragu untuk meng-Google nama perusahaannya lalu baca pendapat atau review orang lain tentang MLM tersebut sebelum mengambil keputusan.

Itulah beberapa tips semoga bisa dijadikan acuan untuk memilih bisnis MLM. Yang terpenting adalah dalam bisnis MLM tidak ada yang mudah, tidak ada bonus datang begitu saja tanpa ada usaha. Ingat perusahan memberikan bonus itu karena Anda mempunya omset dan memenuhi syarat untuk mendapatkan imbalan berupa Bonus. Untuk mencapai target omset yang besar kalau sendiri saja tentu akan susah, maka dari itu dengan merekrrut member sebagai mitra kerja maka untuk menaikan omset akan lebih gampang.

Sekali lagi, MLM adalah jenis bisnis yang baik, tetapi Anda harus jeli memilih jenis usahanya. Jangan salah pilih. 

2 komentar:

  1. Buat temen2 di Medan dan sekitar nya yang berminat dengan bisnis ini atau yg butuh penjelasan lebih lanjut bisa hubungin saya di ...
    Hp / Wa : 0853 12345 123
    Pin bb : 539504e7

    BalasHapus
  2. Untuk pendaftaran wilayah tangerang dan dki jakarta hubungi Mawardi 3HP/WA 083808459260 PIN BBM 577FF915 tim kami solid siap support dan bantu pengembangan bisnisnya...

    BalasHapus