Sabtu, 20 Juni 2015

Tips Hindari Kesulitan Finansial di Masa Pensiun

Tips Hindari Kesulitan Finansial di Masa Pensiun

Saat Anda menginjak masa pensiun bahkan disaat usia 30 puluh tahun, artinya sudah siap secara keuangan dibandingkan saat berusia 20 tahunan.
Namun sebelum Anda membeli mobil dan pakaian mahal atau berlibur ke tempat-tempat eksotis, pikirkanlah untuk meningkatkan pendapatan terlebih dahulu.
Selain itu agar Anda hidup sejahtera di hari tua, hindari untuk bersikap boros saat memasuki usia 30-an. Maklum, masa-masa ini merupakan periode yang banyak menyita uang. Misalnya, saat menikah, membeli rumah baru atau punya anak.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kesulitan finansial di masa tua. Berikut tiga cara yang bisa dilakukan orang-orang berusia 30-an untuk meningkatkan pendapatannya:


1. Siapkan pensiun Anda
Anda mungkin punya banyak uang. Namun yang harus menjadi fokus adalah mempersiapkan diri menghadapi usia 30 tahun-an dengan pernikahan, properti dan biaya-biaya rumah tangga tak terduga.
Jika Anda sudah mempersiapkan diri sejak dini, maka masa tua akan bahagia. Anda perlu membuat rencana keuangan yang matang dan pastikan pensiun bisa membantu di hari tua.
Uang yang Anda simpan saat berusia 30 tahunan akan sangat berguna kapanpun butuh uang tunai. Anda harus pandai menghemat pengeluaran, dan gunakan skema tabungan pensiun yang aman.

2. Berinvestasi
Investasi yang cerdik merupakan gagasan hebat jika punya uang lebih setiap bulannya. Berinvestasi tak berarti Anda harus ke pasar saham.
Ada jutaan usaha di mana Anda bisa berinvestasi di dalamnya. Beberapa target investasi menjanjikan bisa dijajaki, seperti perusahaan, film, dapur rekaman, properti dan sebagainya.
Sebelum mulai, Anda harus menentukan berapa jumlah yang ingin diinvestasikan, berapa return yang diharapkan, dan berapa besar risiko yang harus ditanggung.
Penting bagi Anda untuk menganalisa, mengamati, dan memahami prospek bisnis tertentu sebelum mulai berinvestasi.

3. Menabung
Jika Anda tak berminat untuk berinvestasi, maka jangan lupa tabung uang Anda. Banyak sekali bank yang menawarkan paket tabungan dengan bunga yang lumayan. Mulailah menabung dan hiduplah dengan sejahtera sejak Anda berusia 30 tahun. Salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan adalah menabung di CAR, lewat program 3i-Networks nya. Hanya perlu menabung, dan ajak 5 (lima) orang ikut menabung maka bisa GRATIS menabung.

PIRAMIDA DANA PENSIUN

Jika kita mengunjungi pantai Bali, sering kita temui dua sejoli berusia lanjut sedang menikmati liburan mereka. Rupanya, masa pensiun di hari tua mereka isi dengan 'bersenang-senang' untuk menikmati hidup setelah berpuluh-puluh tahun lamanya bekerja mencari uang. 

  • Bayangan apa yang Anda miliki saat hari tua nanti? 
  • Sudahkah Anda berpikir dari mana dana untuk membiayai hidup Anda saat pensiun nanti?
  • Lantas, seberapa penting mandiri secara finansial di hari tua?

"Sangat penting. Karena salah satu risiko kehidupan yang dapat dialami seorang manusia adalah hidup terlalu panjang. Sehingga, kita harus siap sedia dari sekarang.

Apalagi resiko kesehatan akan meningkat di waktu tua. Di sisi lain, biaya kesehatan akan semakin mahal. Belum lagi masalah inflasi yang dipastikan akan semakin tinggi."
Setiap individu bertanggung jawab untuk melakukan simpanan biaya hidup di hari tua. Mandiri secara finansial berarti seseorang sanggup untuk membiayai hidup rutin, tidak punya utang kartu kredit, bahkan bisa membantu orang lain.
Hal terpenting sebelum berinvestasi di hari tua adalah menghitung kebutuhan hidup di masa hari tua. 
Ingat bahwa inflasi pasti akan membuat biaya hidup kita meningkat. Dan setiap orang pada umumnya ingin mempertahankan standar hidup di hari tua sama dengan sekarang ini di usia produktif. Jadi, berhitung untuk mengetahui kebutuhan dana pensiun sangat penting"
Perhatikan apakah aset yang dimiliki saat ini memang sudah mampu untuk menunjang kebutuhan di masa pensiun. Misalnya, saat ini ada tabungan, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), ada investasi reksadana, maka kesemuanya harus dihitung untuk mengetahui apakah dana pensiun kita sudah cukup atau tidak untuk nantinya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum merencanakan dana pensiun :

  1. rasio investasi, yakni berapa perbandingan pendapatan pengganti yang diinginkan saat pensiun nanti per bulannya. "Besaran angkanya ditentukan sendiri, apakah 70% dari gaji atau 40%. Yang perlu dicatat, semakin besar persentase yang ditetapkan, maka semakin besar pula dia harus menabung,"
  2. berapa jangka waktu yang tersisa untuk mengakumulasi tabungan pensiun sejak saat ini sampai dengan mencapai usia pensiun. Sebagai contoh, jika saat ini Anda berusia 35 tahun dan memasuki masa pensiun di usia 55 tahun, maka sisa waktu yang tersisa untuk menabung adalah 20 tahun.
  3. menetapkan asumsi tingkat suku bunga investasi per bulan sehingga bisa dikalkulasikan berapa dana yang harus ditabung. Keempat, menetapkan rata-rata tingkat inflasi per tahun. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat historis data inflasi.

Ketahui jenis investasi dana pensiun terlebih dulu
Secara umum, semua orang butuh berinvestasi untuk dana pensiun. Namun, tetap harus sesuaikan dengan profill risikonya. Caranya, besaran dana pensiun harus ditetapkan sesuai dengan profil risiko masing-masing. Misalnya, jika konservatif maka harus memilih aset investasi yang tidak terlalu agresif.
Yang umum dipakai adalah reksadana saham, reksadana campuran yang agresif, dan juga properti yang nantinya bisa disewakan"
Tapi untuk masuk reksadana juga tidak sembarangan, paling tidak perlu dana yang cukup besar juga. Bagaimana dengan yang punya dana kecil?

Kalau mau tahu solusinya, silakan email ke kami, dan kami akan berikan proposal nya... GRATIS
http://rejeki-menabung.blogspot.co.id/p/cara-daftar-car.html

atau baca: Proposal dan Cara Kerja

1 komentar:

  1. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses sekarang. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sahra Atifah biasa di panggil Sahra, dulu Saya bekerja di salah satu Seafood restaurant di Dubai, tapi saya sudah menyerah tinggal disana. Tapi saya tetap ikhtiar. Dulu pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah, sedangkan hutang banyak, kebetulan buka-buka internet mendapatkan nomor Whatsapp Mbah Suro +6282354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan Pesugihan Dana Ghaib. dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya dengan Pesugihan Dana Ghaib nya. Dan alhamdulillah benar-benar terbukti nyata hasil nya sekarang. terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. Beliau juga bisa bantu seperti Pesugihan Anka nomor Togel, Penglaris Usaha/Dagang, Jampi pelet, dll

    BalasHapus