Selasa, 01 Juli 2014

Cara Pembayaran Kartu Kredit Yang Benar

Cara Pembayaran Kartu Kredit Yang Benar

Setelah kami bahas tentang cara pakai kartu kredit yang benar, tentunya tidak lengkap kalau kami tidak membahas juga tentang cara pembayaran kartu kredit yang benar , sekarang kami akan mengulas tuntas tentang cara pembayarannya.
Sebelumnya kita bahas dahulu mengenai mekanisme pembayaran kartu kredit di bank penerbit kartu kredit anda, bagaimana dan apa yang harus anda lakukan.

Berikut langkah-langkah mekanismenya :

  1. Silahkan datang ke Bank Penerbit Kartu Anda (maksimal 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera dibiling tagihan kartu kredit anda)
  2. Ambil Slip Setoran (tidak semua bank menyediakan slip khusus pembayaran kartu kredit, biasanya slip pembayarannya sama dengan slip setoran tunai, kalau takut salah silahkan tanya satpam)
  3. Di bagian nama isikan nama anda
  4. Di bagian no rekening , Anda Isikan Nomor Kartu kredit anda
  5. Setelah itu Antri di teller
Bila Anda Bingung, saran kami anda menemui customer service bank tersebut dan bilang bahwa anda ingin membayar tagihan kartu kredit anda.

Itu adalah mekanisme pembayarannya, sekarang kami akan bahas cara pembayaran seperti apa saja yang bisa anda pergunakan. Berdasarkan yang terjadi dilapangan sampai saat ini, sistem cara pembayaran kartu kredit bisa dengan 4 cara :

1. Minimum Payment

sistem pembayaran dimana anda diperbolehkan membayar sebesar 10% dari total tagihan yang tercetak (kami sangat tidak menyarankan sistem pembayaran dengan cara seperti ini, hal ini dikarenakan sistem bunga majemuk (bunga berbunga) yang diterapkan bank penerbit kartu kredit).

2. Full Payment

sistem pembayaran dimana anda diperbolehkan membayar seluruh total tagihan yang tercetak (kami Sangat Menyarankan sistem pembayaran dengan cara ini, apalagi bila anda membayar tagihan anda sebelum tanggal jatuh tempo maka anda tidak akan dikenakan bunga)

3. Instalment Payment

sistem pembayaran dimana anda diperbolehkan merubah total tagihan anda yang tercetak menjadi cicilan tetap untuk jangka waktu 3 / 6 / 12 bulan sesuai kemampuan anda. (kami Merekomendasikan pembayaran dengan cara seperti ini sebagai alternatif pembayaran tagihan anda, karena bunga yang dikenakan kepada anda adalah Flat, Bukan bunga Floating ataupun bunga majemuk)

4. Pelunasan Gestun

sistem pembayaran dimana anda memanfaatkan jasa tempat gesek tunai untuk membayar semua tagihan anda. (Kami Tidak Merekomendasikan sistem pembayaran dengan cara ini, hal ini karena ketika anda memanfaatkan jasa gesek tunai untuk membayar tagihan anda maka anda akan dikenakan Double Fee Administrasi, dimana Fee pertama dikenakan ketika pihak gestun membayar tagihan anda, dan fee kedua dikenakan ketika pihak gestun menarik kembali uang mereka dari kartu anda)

Sebagian orang berfikir bahwa pembayaran dengan memanfaatkan jasa gestun adalah solusi pembayaran tagihan mereka, padahal TIDAK SAMA SEKALI, karena selamanya hutang anda tidak akan berkurang sama sekali, dan alangkah lebih baik bila uang yang anda gunakan untuk membayar Double Fee Administrasi, anda gunakan untuk membayar tagihan anda.

Mungkin memang benar bahwa memanfaatkan jasa gestun adalah solusi, tapi hanya sebatas solusi menjauhkan anda dari dampak sosial (tidak akan ada penagihan dikantor maupun rumah anda) tetapi bukan solusi untuk mengurangi jumlah tagihan anda.

Lalu bagaimana Cara pembayaran yang benar serta flexibel sesuai kemampuan anda :

  1. Anda harus punya niat untuk membayar tagihan (Ini Penting karena ini dasar untuk Mengurangi tagihan)
  2. Sisihkan dana anda tiap bulan minimal 5% atau minimal 100ribu (mana yg lebih besar) dari total tagihan
  3. Pinjamlah uang ke saudara / teman / siapa saja yg bisa meminjami uang tanpa bunga sebesar 95% dari total tagihan anda dan bilang pada mereka bahwa uangnya maksimal besok akan anda kembalikan (anda tidak perlu takut,karena begitu kartu kredit dilunasi maka limitnya akan kembali full dan anda bisa mengambil lagi semuanya)
  4. Pergi ke bank dan bayar semua tagihan anda
  5. Setelah 2 Jam pergilah ke tempat gestun dan tarik kembali Sebesar uang yang anda pinjam saja, dan biaya administrasinya diambil dari sisa limit anda
  6. Kembalikan Uang yang anda pinjam tadi

Metode cara pembayaran ini merupakan penggabungan dari semua cara pembayaran diatas, apabila anda menginginkan untuk tidak mau dikenakan biaya administrasi gestun sehingga uang yang anda bayarkan tidak berkurang, anda bisa pergi ketempat pembelanjaan (kami sarankan anda ke toko elekronik atau handphone yang menerima pembayaran dengan kartu kredit) carilah 1 pengunjung yang mau membeli barang ditempat tersebut dan mintalah ijin untuk membayarkan pembelanjaan mereka dengan kartu kredit anda dan mereka menyerahkan uang tunainya kepada anda.

baca juga yang terkait Cara Pembayaran Kartu Kredit:


kata kunci yang terkait Cara Pembayaran Kartu Kredit

Rejeki menabung, cerdas menabung, tabungan pintar, Cara Pembayaran Kartu Kredit, Jatuh Tempo Kartu Kredit, Pembayaran Kartu Kredit, Tanggal Cetak Kartu Kredit, Tentang Kartu Kredit, 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar