Minggu, 29 Juni 2014

Kartu Kredit

Kartu Kredit

Kartu Kredit Bank
Kartu kredit adalah sebuah kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh perusahaan keuangan,dimana pemegang kartu dapat membeli produk atau servis dalam bentuk kredit. Saat ini tersedia berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia termasuk Indonesia, meskipun sebenarnya penyelenggara kartu kredit di dunia hanya ada tiga, yakni VISA, Master Card dan American Express.

Bagaimana Sistem Kerja Kartu Kredit?

Kartu kredit mempunyai cara kerja seperti pinjaman jangka pendek. Ketika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, pada dasarnya Anda telah meminjam uang dari penerbit kartu. Dan pada akhir tiap bulannya, Anda diharapkan untuk membayar kembali uang yang telah Anda pinjam. Kelalaian dalam melakukan ini akan menyebabkan Anda didenda berdasarkan suku bunga kredit dari sisa tagihan Anda yang belum dibayarkan.

Berbagai jenis Kartu Kredit di Indonesia

Saat ini, telah tersedia beragam tipe kartu kredit dengan keuntungan dan kegunaan yang berbeda-beda. Di indonesia sendiri tersedia beragam jenis kartu kredit yang dapat Anda pilih seperti:
  • Kartu Reward: Tipe kartu ini memberikan Reward Poin untuk setiap transaksi yang Anda lakukan menggunakan kartu kredit Anda. Reward Poin dapat ditukar dengan hadiah berupa voucher, alat elektronik, tiket pesawat, bebas iuran tahunan ataupun hadiah lainnya yang tertera di katalong belanja penerbit kartu. Cash Back:Tipe kartu ini memberikan cash back(pengembalian uang) setiap kali Anda melakukan transaksi di toko-toko yang telah ditentukan.
  • Low Annual Charges: Tipe kartu ini memberikan iuran tahunan yang lebih rendah dibandingkan kartu kredit konvensional lainnya.
  • Travel Miles: Tipe kartu ini memberikan poin mileage untuk transaksi tertentu yang dapat ditukarkan dengan fasilitas-fasilitas penerbangan seperti airport lounge ataupun tiket pesawat dari maskapai penerbangan yang telah berkerja sama dengan penerbit kartu.
  • Petrol: Tipe kartu ini memberikan keuntungan yang berhubungan dengan pembelian bensin seperti cash back(pengembalian uang) di kios bensin.
  • Premium: Tipe kartu ini memberikan penawaran kemewahan seperti golf, santapan mewah, berbagai layanan dan keuntungan terbaik, maupun klub eksklusif.

Suku Bunga Kartu Kredit di Indonesia

Suku bunga kartu kredit akan kenakan pada Anda, ketika Anda memilih untuk tidak melunasi semua pinjaman transaksi Anda dari bank pada jatuh tempo. Tentunya semakin cepat tagihan dilunasi, semakin sedikit bunga yang harus dibayarkan. Pastikan Anda memahami ketentuan dan kebijakan kartu kredit Anda. Tingkat suku bunga bervariasi dari satu kartu ke kartu lainnya, yang pada umunya berkisar antara 33% sampai 36% per tahun. lebih lanjut baca: menghitung bunga kartu kredit

Masa Tenggang dan Minimum Pembayaran Kartu Kredit

Ini merupakan jumlah hari dimana bank memperbolehkan Anda meminjam uang tanpa dikenakan bunga. Masa tenggang bisa bervariasi hingga 25 hari tergantung bank penerbitnya. Masa tenggang biasanya berlaku untuk transaksi-transaksi baru, namun hanya ada jika tidak ada sisa tagihan dari bulan sebelumnya. Minimum pembayaran yang harus Anda bayarkan merupakan jumlah tertentu yang ditentukan bank untuk pemegang kartu dalam pembayaran tagihannya. Pada umumnya jumlah yang harus dibayarkan senilai 10% dari total tagihan atau minimal Rp. 50.000,-

Limit Kredit Kartu Kredit di Indonesia

Untuk menggunakan kartu kredit, pemegang kartu harus mendapatkan persetujuan dari pihak bank tentang kredit limit. Penentuan kredit limit dari pihak bank berdasarkan analisis keuangan Anda. Kredit limit merupakan maksimum jumlah dana yang bank setujui untuk pinjaman transaksi Anda. Jumlah kredit limit dapat ditingkatkan setelah beberapa periode waktu penggunaan kartu kredit.

Pelunasan Tagihan Kartu Kredit

Pada tanggal tertentu setiap bulan, pihak penerbit kartu akan mengirimkan tagihan bulanan kepada Anda. Di Indonesia, pemegang kartu harus melakukan pembayaran minimum sebesar 10% dari total tagihan (atau minimal 50 ribu). Anda dapat memilih antara membayar tagihan kartu kredit secara penuh sehingga Anda tidak dikenai bunga, atau secara cicilan dimana Anda akan dikenai bunga. lebih lengkap baca: Cara Pembayaran Kartu Kredit

Tanggal Jatuh Tempo dan Tanggal Cetak

Untuk penentuan tanggal cetak dan jatuh tempo, setiap bank memiliki tanggal yang berbeda-beda dan Anda harus mengecek langsung kepada Bank Anda. Akan tetapi, biasanya setiap bank menentukan tanggal jatuh tempo 15 hari setelah tanggal cetak transaksi. Misalnya tanggal cetak transaksi kartu kredit Anda adalah tanggal 1 Maret maka tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan Anda adalah tanggal 16 Maret. Jika pembayaran Anda lakukan sebelum tanggal jatuh tempo 16 Maret secara keseluruhan maka Anda tidak akan dikenakan bunga apapun tetapi jika Anda membayar dengan cara menyicil maka sisa tagihan Anda akan dikenakan bunga pada bulan berikutnya. lebih lanjut silahkan baca: Tanggal cetak dan jatuh tempo kartu kredit.
baca juga yang terkait dengan Kartu kredit:


demikian sekilas tentang kartu kredit, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Halo,
    saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang Bagaimana ALLAH menggunakan Nyonya Olivia Daniel untuk mengubah hidup saya dari kemiskinan. sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan.

    Nama saya Suherman. Saya dari Kota Surabaya di Indonesia setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah scammed dari 15 juta rupiah Indonesia. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang merupakan kredit yang sah. dan tidak akan menambah rasa sakit saya, Jadi saya memutuskan untuk menoleh ke teman saya untuk menasihati saya tentang cara mendapatkan pinjaman online, Kami membicarakannya dan kesimpulan kami menceritakan tentang seorang wanita bernama Ny. Olivia Daniel. Saya mengajukan permohonan pinjaman sejumlah 700 juta rupiah Indonesia dengan suku bunga rendah 2%, saya setuju tanpa tekanan dan persiapan dilakukan untuk mentransfer dana ke pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam dan pinjaman itu disetor ke rekening saya. rekening bank tanpa penundaan.
    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima satu mart dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 700 juta rupiah Indonesia. Saya sangat senang bahwa akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan menggunakan ibu untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang dapat memberi saya harapan. Terima kasih banyak kepada Ny, Olivia Daniel karena telah membuat kehidupan yang adil bagi saya,

    jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman yang saya maksudkan adalah pemberi pinjaman nyata untuk menghubungi email ibu: (oliviadaniel93@gmail.com)

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (suherman3860@gmail.com)
    sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus